Senin, 01 April 2013

sirih

Manfaat dan cara menanam sirih sebagai tanaman obat tradisional khas Indonesia

Tanaman obat tradisional Indonesia yang berikut ini adalah sirih, tanaman sirih tergolong ke dalam jenis tanaman yang menjalar. Tanaman sirih ini cenderung menjalar ke atas sesuai dengan sifat tanaman yakni cenderung mencari sinar matahari. Cara membudidayakan tanaman obat tradisional yang satu ini cukup mudah dan tak perlu membutuhkan perawatan berlebih. Jika anda mempunyai bibitnya, maka cukup taruh di pot atau polybag kemudian beri semacam kayu yang ditancapkan dekat pot tadi supaya tanaman sirih bisa menjalar mengikuti kayu tersebut.
Sirih sebagai Tanaman Obat Tradisional khas Indonesia

Manfaat dari sirih sebagai tanaman obat tradisional khas Indonesia ini cukup banyak. Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat darurat ketika hidung anda berdarah/mimisan, orang-orang dahulu juga sering memakai daun sirih sebagai tambahan untuk nginang dan dipercaya mampu merawat kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, sepatutnya kita melestarikan berbagai tanaman obat tradisional apalagi hal itu sudah menjadi warisan budaya bangsa. Jika anda merasa kesulitan dalam menanam tanaman sirih sebagai tanaman obat tradisional khas Indonesia, anda bisa mencoba menanam kunyit sebagai tanaman obat tradisional di halaman rumah anda sekaligus sebagai penghias.
Posted by: Mario Morata Tanaman Obat Tradisional Updated at: 12.01

Tanaman Obat Tradisional

Berbagai Tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Obat-obat sekarang ini sangat berkembang pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat cepat pula. Banyak sekali tanaman obat tradisional yang sejatinya sudah sejak dulu diwariskan oleh leluhur bangsa Indonesia. Tanaman obat tradisional tersebut juga bervariasi, dari umbi-umbian sampai dengan dedaunan yang sebenarnya bisa diolah menjadi obat tradisional. Dengan melestarikan tanaman obat tradisional maka kita juga turut melestarikan budaya tanah air Indonesia karena tanaman obat tradisional adalah bagian dari kekayaan budaya bangsa.
tanaman obat tradisional


Banyak sekali jenis-jenis tanaman obat tradisional yang bisa kita lestarikan setidaknya di lingkungan sekitar rumah kita sendiri. Contohnya kunyit yang juga salah satu jenis umbi-umbian dari tanaman obat tradisional yang bisa kita tanam di halaman rumah dan sekaligus sebagai tanaman hias di halaman rumah. Dengan begitu rasanya cukup mudah untuk melestarikan tanaman obat tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar